Selamat Datang!

Di Blog Myasthenia Gravis Indonesia


**Perhatian**
  • Blog Myasthenia Gravis Indonesia bukan blog resmi dari Yayasan Myasthenia Gravis Indonesia. 
  • Blog ini merupakan kumpulan informasi mengenai Myasthenia Gravis dari berbagai media. Sifat blog ini hanyalah mengulang sebanyak-banyaknya informasi mengenai Myasthenia Gravis.
  • Blog ini tidak melalukan penggalangan dana dalam bentuk apapun. Kami tidak membuka rekening atas nomor manapun. Untuk donasi anda bisa salurkan ke Yayasan Myasthenia Gravis Indonesia (www.mgindonesia.org).

Anda yang baru pertama kali mendengar tentang Myasthenia Gravis di Indonesia mungkin penasaran dan ingin tahu penyakit apa ini, berikut adalah ulasannya.

Myasthenia Gravis secara bahasa artinya kelemahan otot serius. Kata Myasthenia Gravis berasal dari bahasa Yunani, Myo (μυο) artinya "otot", asthenia (ἀσθένεια) artinya "kelemahan", dan dari bahasa Latin, gravis artinya "berat atau serius".

Sedangkan secara istilah, Myasthenia Gravis adalah penyakit autoimun, artinya sistem imun dalam tubuh yang seharusnya melindungi diri malah berbalik menjadi menyerang organ dalam tubuh terutama sambungan antara saraf dengan otot (neuromuscular junction).

Myasthenia Gravis adalah suatu penyakit autoimun yang mengerikan, menyerang hampir semua otot dan dapat membuat orang menjadi cepat lelah dan lemah, kesulitan berjalan, pandangan dobel, kelopak mata turun, tidak bisa mengunyah dan menelan, dan juga sesak nafas.

Ciri khas Myasthenia Gravis adalah otot akan semakin lemah saat sedang beraktivitas walaupun itu aktivitas ringan, dan akan membaik saat sedang istirahat.

Myasthenia Gravis disebut juga dengan snowflake diseases karena gejala pada tiap penderitanya tidak sama. Karenanya ada MGers yang bisa tetap beraktifitas, bahkan sanggup lari marathon. Namun ada juga MGers yang sepanjang waktu dirawat di rumah sakit.
____
Arsip Media
PasienSehat